Batik dan Mega Mendung
Batik berasal dari bahasa Jawa yaitu “amba” yang bermakna menulis dan “tik” atau "titik" yang bermakna titik. Batik berarti menitikkan malam dengan canting sehingga membentuk corak yang terdiri atas susunan titikan dan garisan.
Batik bukan hanya sekedar corak di atas kain, tapi sudah seperti melekat pada jiwa setiap bangsa Indonesia, batik sudah menjadi identitas bangsa indonesia untuk menggambarkan bangsa Indonesia akan keramahan dan kesederhanaan yang tercermin dari setiap corak yang terukir di atas kain batik. Maka sudah seharusnya kewajiban sebagai anak bangsa turut menjaga dan menggunakan serta mengaplikasikan batik sehingga kelestariannya tetap terjaga dengan baik dari generasi ke generasi selanjutnya.



Sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi nilai-nilai dan budaya indonesia, DMK Cargo® menjadikan batik tetap hadir dan menjadi bagian dari nilai-nilai budaya perusahaan dengan mengadopsi nilai-nilai filosofi yang terkandung di dalammnya. Penerapan dilakukan dengan menanamkan diri dengan nilai-nilai “membatiki” diri dengan jiwa yang ramah dan sederhana dalam kehidupan nyata, seperti halnya corak batik yang selalu memberi kesan ramah dan sederhana namun tetap elegan.
Terkait dengan proses rasionalisasi penamaan PT. Dian Mega Kurnia, dikaitkan dengan nilai-nilai yang terkandung pada arti dan makna batik mega mendung, memiliki korelasi yang kuat dengan nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan.
DMK Cargo® memaknai korelasi nilai-nilai tersebut sebagai perusahaan: yang mampu memberikan solusi atas jasa pelayanan yang ditawarkan, dengan proses yang terintegrasi, kepada konsumen, client, vendor dan pihak terkait lainya, dengan penuh kepercayaan, pengertian, tanggung jawab, keikhlasan, kejujuran, komitmen, pantang menyerah, dan dapat diandalkan. Untuk membangun solusi layanan tersebut, perlu diciptakan lingkungan kerja yang kondusif dengan dukungan sumberdaya yang kompeten, pemilihan dan penerapan teknologi yang tepat guna, penerapan metode yang efektif dan efisien, serta dukungan infrastruktur yang kuat, untuk mencapai pelayanan yang maksimal demi kepuasan pelanggan.
Layanan yang ditawarkan harus memiliki "nilai" dan “kualitas” yang unggul dibanding dengan pesaing, dengan cara beradaptasi, berpandangan luas dan jauh ke depan, dengan selalu sigap dan tanggap sehingga mampu menterjemahkan dan memenuhi keinginan konsumen yang bersifat dinamis. DMK Cargo® menerapkan pelayanan yang dianut dengan menerapkan nilai-nilai: sebagai pembimbing, penuntun, pengasuh, pengayom dan pembina, dengan membangun budaya saling menghargai, saling menghormati, menjaga harmonisasi hubungan satu dengan yang lainnya, serta mampu menciptakan dan menjaga ketenangan, ketentraman dan kedamaian dalam bekerja secara berkesinambungan dengan sesama rekan, konsumen, lingkungan usaha, dan pihak terkait lainnya.