Perjalanan menuju 34 tahun di industri pengiriman barang cargo, DMK Cargo® - PT. Dian Mega Kurnia - telah banyak melakukan perubahan pada proses kerja (business proses), adaptasi bidang Information Communication Technology, penambahan infrastruktur, peningkatan pelayanan yang berkesinambungan, memperluas kerjasama dengan berbagai pihak terkait, dan banyak kebijakan untuk menuju perubahan yang lebih signifikan dalam rangka menjadi yang terbaik di bidangnya.

Kehadiran DMK Cargo® sebagai magnet perubahan, untuk dapat menjadi perusahaan berstandar internasional di Indonesia, untuk melayani semua pihak dengan kemampuan terbaik. Kebanggaan untuk terus melayani tanpa kenal lelah, demi tercapainya kepuasan pelanggan.



1983
DMK Cargo 1983

Momen awal tahun berdirinya perusahaan DMK Cargo®, pada bulan Mei 1983, menjadikan cikal bakal untuk mengambil kesempatan sekaligus peluang untuk menangani pengiriman barang yang cepat dan aman melalui udara. Lokasi pertama kali beroperasi, berada pada area cargo Bandar Udara Juanda, yang merupakan wilayah Komplek Angkatan Laut (AL) yang sekarang menjadi Terminal II Bandara Internasional Juanda setelah direnovasi kembali pada tahun 2012. Nama DMK Cargo® pada saat pembentukan PT. Dian Multi Kurnia, yang kemudian berubah untuk proses pengembangan bidang usaha.

1995
DMK Cargo 1995

Seiring dengan upaya untuk pengembangan usaha, pada tahun 1995, DMK Cargo® melakukan perubahan identitas perusahaan, mulai dari nama PT. Dian Multi Kurnia Menjadi PT. Dian Mega Kurnia, perubahan tampilan visual logo yang kurang sesuai dengan identitas perusahaan, serta penambahan identitas tagline pada ruang lingkup usaha "Domestic & Freight Forwarding". Perubahan ini seiring dengan perbaikan kegiatan operasional atas dasar tuntutan aturan dan kebijakan dari instansi terkait guna meningkatkan pelayanan, efesiensi serta produktifitas kerja pada layanan cargo udara.

2000
DMK Cargo 2000

Sepanjang tahun 2000 sampai tahun 2005, DMK Cargo® melakukan perluasan bidang usaha, tidak hanya melayani pengiriman melalui udara, namun juga untuk melayani kiriman melalui darat dan laut. Perluasan cangkupan pengiriman mulai dilakukan pada tahun 2003 dibawah tim manajemen baru, yang kemudian menjadikan perencanaan baru perusahaan sebagai keunggulan bersaing (competitive advantages) untuk menentukan masa depan perusahaan. Dengan manajemen baru DMK Cargo® melakukan evaluasi ulang dan restrukturisasi perusahaan secara menyeluruh dengan tujuan meningkatkan efesiensi dari kegiatan operasional, membangun kembali kekuatan financial guna menertibkan proses bisnis, nenambahkan tingkat kesadaran pada karyawan dalam melayani pelanggan, terutama proses memperbaharui dan membangkitkan kinerja seluruh tim DMK Cargo®.

2005
DMK Cargo 2005

Untuk mendukung kegiatan operasionalnya, DMK Cargo® membuka cabang pertama di kota surabaya, yang berlokasi di Ahmad Jais 52 guna memperluas rantai pasok (supply chain) barang kiriman, mendekatkan fasilitas layanan ke konsumen, serta lebih meningkatkaan supply tonase sebagai bagian dari target pencapaian perusahaan.

Sejalan dengan perluasan, jalinan dengan pihak operator maskapai juga dilakukan pada semua pihak, terutama Garuda Indonesia, Merpati Airlines, Mandala Air, Lion Air, dan maskapai nasional lainnya yang aktif pada masa ini. Imbas jalinan kerjasama ini menambah tujuan pengiriman barang ke wilayah nusantara terutama bandar udara yang dapat dijangkau dari operator maskapai udara sampai ke daerah pelosok.

2010
DMK Cargo 2010

Kecepatan pengiriman barang yang tepat waktu, menjadi pilihan konsumen untuk memilih layanan dengan pengiriman melalui cargo udara. Menanggapi pemenuhan kebutuhan ini, DMK Cargo® mengambil langkah strategi untuk menggandeng seluruh maskapai penerbangan nasional untuk dapat menanggani kiriman barang yang berasal dan untuk tujuan seluruh kota di indonesia.

Dengan pengembangan kerjasama ini, DMK Cargo® menunjukan komitmen pelayanan dengan memberikan customer experience dengan dibuatkan tagline layanan: "Jelas Cepatnya – Jelas Amannya – Jelas Harganya". Komitmen ini menjadikan perusahaan untuk bertanggung jawab terhadap penanganan barang kiriman dengan memberikan asuransi ketepatan waktu pengiriman, asuransi keamanan barang kiriman, dan kepastian harga untuk biaya pengiriman berdasarkan keakuratan penimbangan.

2012
DMK Cargo 2012

Dengan tumbuhan dan berkembangan pada bisnis jasa pengiriman, maka DMK Cargo® secara terus berupaya untuk memperbaiki diri dengan peningkatan pelayanan, mengadopsi dan mengaplikasikan teknologi informasi, menambah infrastruktur pendukung proses bisnis, menambah jaringan, penguatan brand, sampai pada perluasan kantor cabang di beberapa kota besar di Indonesia.

Pengembangan ini menghasilkan model bisnis Port Center dan Port Agent sebagai bagian dari mendekatkan pelayanan ke konsumen, dimana Port Center diposisikan sebagai kantor layanan incoming dan outgoing pada area bandar udara, stasiun, pelabuhan, dan terminal. Sedangkan untuk Port Agent diposisikan sebagai kantor cabang untuk percepatan pelayanan pengiriman barang yang dekat dengan konsumen.

Keberhasilan ini dicapai dengan dibukanya kantor Port Center dan Port Agent di beberapa kota di Indonesia, yaitu Port Center Jakarta, Port Agent Batu, Port Agent Malang, dan dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya untuk dibukanya Port Center Makasar, Port Center Jayapura, Port Center Bandung, Port Agent Perak Barat Surabaya dan terus dikembangkan untuk mencapai ke seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Dalam durasi 2 tahun, DMK Cargo® juga telah melakukan perbaikan internal dengan program perbaikan strategi brand dan peningkatan identitas brand melalui kegiatan branding secara menyeluruh termasuk dalam proses pengaplikasiannya pada semua bidang usaha, baik sisi operasional, SDM, manajemen, sistem, sampai pada kegiatan marketing.

2015
DMK Cargo 2015

Tanpa hentinya untuk terus berkarya dan berinovasi, sistem internal perusahaan telah dikembangkan dengan pesat, sehingga proses bisnis antara operator maskapai, pihak otoritas, dan layanan konsumen untuk dapat diintegrasikan dalam satu sistem yang secara signifikan dapat mempermudah, mempercepat kinerja pelayanan, bahkan meningkatkan kinerja perusahaan untuk menangani, merespon serta pengambilan keputusan dalam waktu yang lebih singkat.

Proses pencapain service excelent guna menuju standarisasi manajemen mutu terus dilakukan secara bertahap berdasarkan skala prioritas dengan menstandarisasi proses kerja melalui metode perbaikan yang keberlanjutan. Tak kalah penting, strategy yang disusun berdasarkan kunci pilar pemberdayaan di DMK Cargo® yang dilakukan secara konfrehensif, mulai dari digital strategy, creative strategy, web strategy sampai ke marketing strategy, tanpa mengesampingkan peran serta perusahaan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial terhadap masyarakat.

Pencapaian kepuasan pelanggan dilakukan mulai dari layanan customer service yang terintegrasi dengan sistem IT perusahaan, peningkatan pelayanan dengan standar hospitality (keramahan dan kesopanan), layanan tindakan cepat tanggap atas keluhan dan komplain sampai tampilan visual karyawan untuk memberi kesan rapi dan bersih.

Penambahan fasilitas Warehouse dilakukan sebagai pelaksanaan perluasan dan pengembangan proses supply chain untuk menunjang layanan dan produk yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen dalam menangani barang kiriman sesuai dengan kebutuhan.

Secara keseluruhan DMK Cargo® berkomitmen untuk terus menerus meningkatkan mutu layanan sebagai langkah proses pengembangan dan perluasan usaha, sehingga dapat memberikan citra positif terhadap jasa layanan pengiriman dalam pencapaian service excellent, baik dalam hal mutu kualitas layanan maupun keberhasilan organisasi.

DMK Cargo® didirikan berdasarkan atas pemenuhan kebutuhan pengiriman barang, dengan pengetahuan di bidang freight forwarding, pemahaman kebutuhan akan kepuasan pelanggan (service excellent), ditambah dengan nilai-nilai keunggulan bersaing (competitive advantanges) serta adaptasi pada persaingan industri tanpa meninggalkan nilai-nilai kearifan budaya lokal. Filosofi ini dianut sebagai tujuan dalam pencapaian misi perusahaan, dan seiring dengan pengalaman bertahun-tahun, menjadikan pemicu dengan landasan/pendorong (driving tools) untuk mencapai kesuksesan dari proses perbaikan yang berkesinambungan.

Filosofi ini melahirkan komitmen perusahaan, untuk fokus dalam pencapaian kepuasan pelanggan secara terus menerus, dengan selalu terbuka untuk melakukan perbaikan yang berkesinambungan pada semua aspek yang terkait. Menjalankan bisnis dengan integritas dan profesionalisme dengan menghargai etika, norma sosial dan nilai budaya yang berlaku, berinteraksi dengan semua pihak, serta menunjukkan etikad baik untuk memajukan industri freight forwarding menjadi nilai kunci keberhasilan perusahaan.

DMK Cargo® mengadopsi prinsip-prinsip kearifan lokal, selain sebagai aset budaya bangsa, juga merupakan aset budaya di dalam perusahaan, yang mengandung nilai-nilai luhur untuk dijadikan sumber nilai dan inspirasi dalam memenuhi keanekaragaman kebutuhan pelanggan. Dengan keanekaragaman budaya yang ada, menjadikan potensi sosial yang dapat membentuk karakter, citra dan identitas budaya perusahaan yang terus maju dan berkembang. Keanekaragaman ini merupakan kekayaan intelektual dan kultural sebagai bagian dari warisan budaya yang perlu dilestarikan. Seiring dengan peningkatan teknologi dan transformasi budaya ke arah kehidupan modern serta pengaruh globalisasi, warisan budaya dan nilai-nilai yang ada menghadapi tantangan terhadap eksistensinya.

DMK Cargo® mencermati bahwa warisan budaya banyak mengandung nilai-nilai kearifan lokal, dan karena masih sangat relevan dengan kondisi perkembangan saat ini, sudah seharusnya dilestarikan, diadaptasi, bahkan dikembangkan lebih jauh. Tindakan nyata yang dilakukan bukan hanya sekedar pernyataan simbolik tanpa arti, namun dengan aplikasi penghayatan dan pengalaman dalam budaya perusahaan. Pada akhirnya budaya yang dianut oleh DMK Cargo®, sebagai lumbung nilai-nilai budaya perusahaan menjadi sebuah pedoman dalam upaya merangkai berbagai kebutuhan konsumen/pelanggan yang ada secara harmonis dan sinergitas dengan berbagai pihak yang terkait.