3. Bagaimana prosedur pengiriman cargo melalui DMK Cargo®?
Untuk prosedur pengiriman cargo, Anda dapat membuka link berikut: panduan pengiriman barang
6. Apakah DMK Cargo® Menyediakan box packaging dari barang yang akan dikirim?
Ya. Kami menyediakan berbagai macam box packaging sesuai dengan jenis barang kiriman anda.
7. Apakah DMK Cargo® melayani pengemasan (packing) dengan kayu?
Ya. Kami gunakan kayu dengan memperhatikan kekuatan kayu, ketebalan kayu dan tingkat kekeringan kayu. Sehingga tidak akan menambah berat barang secara signifikan, namun factor kekuatan dan keamanan tetap diutamakan.
Kami menggunakan proses pneumatic nailer, sehingga tidak akan merusak komoditi barang didalamnya selama proses packing/pengepakan berlangsung.
9. Apakah ada persyaratan dokumen yang harus dipersiapkan untuk pengiriman?
Ada. Persyaratan dokumen untuk pengiriman bergantung kepada jenis barang yang dikirim.
Persyaratan dokumen dapat dilihat dari masing-masing jenis barang kiriman. Sedangkan untuk barang-barang yang bersifat umum, dan tidak diperlukan perlakuan khusus, tidak perlu ada persyaratan dokumen.
Persyaratan dokumen dapat dilihat dari masing-masing jenis barang kiriman. Sedangkan untuk barang-barang yang bersifat umum, dan tidak diperlukan perlakuan khusus, tidak perlu ada persyaratan dokumen.
11. Berapa harga untuk pengiriman barang dan dokumen melalui DMK Cargo®?
Untuk mengetahui harga pengiriman cargo, Anda dapat menghubungi Contact Center DMK Cargo® Surabaya di +62 31 298 6251 dan +62 31 866 7846, DMK Cargo® Jakarta di +62 21 9550 0008 atau dapat menghitung dengan DMK Kalkulator untuk jenis barang: General Cargo.
12. Bagaimana perhitungan biaya kirim, apakah jenis barang kiriman mempengaruhi harga pengiriman?
Ya. Setiap jenis barang ditangani secara khusus sesuai dengan kategori barang kiriman, yang sekaligus mempengaruhi biaya pengiriman. Perhitungan biaya kirim dapat dilihat pada setiap jenis barang kiriman pada bagian tarif.
13. Berapakah harga yang harus dibayarkan jika pengiriman cargo yang menggunakan cooling room?
3x biaya sewa gudang biasa (Rp 950) = Rp 2.850/hari.
14. Berapa harga untuk pengiriman barang dan dokumen melalui DMK Cargo®?
15. Berapa maksimum berat dan koli untuk pengiriman cargo dari bandara ke bandara?
Domestik -> 1 SMU ≤ 20 koli dengan berat maksimum 500 kg
Internasional -> 1 AWB ≤ 1 Palet = 10 kubik dengan berat maks. 3500 kg
atau 1 Container = 4 kubik dengan berat maks. 1200 kg
Internasional -> 1 AWB ≤ 1 Palet = 10 kubik dengan berat maks. 3500 kg
atau 1 Container = 4 kubik dengan berat maks. 1200 kg
16. Berapa berat maksimal pengiriman cargo dalam satu Air Waybill menggunakan pesawat wide body ataupun narrow body?
Narrow body -> 1 SMU/AWB ≤ 20 koli 500 Kg
Wide body -> 1 SMU/AWB ≤ 1 Palet = 10 kubik dengan berat maks. 3500 kg
atau 1 Container = 4 kubik dengan berat maks. 1200 kg
Wide body -> 1 SMU/AWB ≤ 1 Palet = 10 kubik dengan berat maks. 3500 kg
atau 1 Container = 4 kubik dengan berat maks. 1200 kg
17. Berapa maksimum dimensi untuk pengiriman cargo menggunakan pesawat wide body atau narrow body?
Mengacu pada ukuran pintu pesawat jenis pesawat dan ukuran pintu pesawat/TACT rules
18. Apakah pengiriman cargo melalui DMK Cargo® disertai dengan asuransi?
Tidak.
19. Jika tidak disertai dengan asuransi, apakah ada penggantian jika cargo saya hilang atau rusak?
Ya, Anda dapat mengajukan klaim atas kehilangan dan kerusakan cargo kepada kantor perwakilan DMK Cargo® terdekat di kota Anda.
20. Bagaimana cara untuk mengajukan klaim cargo kepada DMK Cargo®?
Klaim dapat diajukan dengan membawa surat klaim atau surat kuasa pengurusan klaim disertai dengan SMU/AWB.
21. Jika cargo saya sudah masuk ke gudang dan sudah dibayar, apakah boleh dibatalkan pengirimannya?
Diizinkan/diperbolehkan selama customer yang menginginkan pembatalan tersebut.
22. Jika pengiriman cargo dibatalkan, apakah uang yang saya bayarkan dapat dikembalikan seluruhnya?
Jika terjadi pembatalan pengiriman barang maka seluruh biaya akan dikembalikan ke customer, dengan dikurangi biaya Void (pembatalan)
23. Saya kurang memahami istilah yang ada pada sistem informasi pengiriman cargo. Adakah definisi dan penjelasannya?
Ada. Anda dapat mendownload istilah dan informasi pengiriman cargo pada link berikut ini istilah dan informasi pengiriman cargo
24. Kapan cargo saya bisa diambil di gudang kedatangan?
2-3 jam setelah pesawat tiba di bandara tujuan.
25. Berapa biaya sewa gudang yang dikenakan untuk pengambilan cargo di gudang kedatangan?
Besarnya biaya sewa gudang berbeda-beda, tergantung kebijakan dari masing-masing pergudangan bandara.
26. Dimana lokasi gudang incoming/kedatangan untuk pengambilan cargo?
Untuk mengetahui lokasi gudang, Anda dapat membuka link berikut: lokasi Port Center DMK Cargo®
27. Dokumen apa saja yang harus dibawa untuk mengambil cargo di gudang kedatangan?
Anda dapat mengambil cargo dengan menunjukkan nomor SMU/ Air Waybill dan KTP Anda.
28. Bolehkah pengambilan cargo diwakilkan oleh orang lain? Jika boleh, apa syaratnya?
Anda dapat mengambil cargo dengan membawa Surat Kuasa dan menunjukkan KTP.
3. Kapan time limit untuk menyerahkan kiriman jenazah?
90 menit sebelum jadwal keberangkatan pesawat.
6. Jika boleh, apakah ada syarat yang harus dipenuhi?
Jika jenazah tidak diformalin, maka harus ada surat keterangan dari instansi kesehatan (karantina) dan kepolisian.
7. Berapa harga untuk pengiriman jenazah baik domestik atau internasional?
Biaya pengiriman jenazah baik untuk tujuan domestik maupun internasional adalah 200% dari ongkos kirim normal. DMK Kalkulator
3. Apa persyaratan dan dokumen yang harus dilengkapi untuk pengiriman Dangerous Goods (DG) atau barang berbahaya melalui DMK Cargo®?
Syarat agar DG dapat diangkut oleh pesawat udara, adalah packing DG harus memenuhi standar packing yang sesuai dengan regulasi IATA Dangerous Goods Regulation. Dokumen yang harus dilengkapi jika ingin mengirimkan DG adalah Shippers Declaration dan Material Safety Data Sheet (MSDS).
6. Apakah ada batas maksimal pengangkutan DG dalam pesawat?
Batas pengangkutan DG dalam sebuah penerbangan mengacu pada ketentuan dalam IATA Dangerous Goods Regulation.
7. Apabila DMK Cargo® Cargo tidak menyediakan jasa packing, bagaimana jika packing cargo yang telah disiapkan oleh customer tidak memenuhi standar?
Apabila DMK Cargo® Cargo tidak menyediakan jasa packing, bagaimana jika packing cargo yang telah disiapkan oleh customer tidak memenuhi standar?. DMK Kalkulator
8. Berapa batasan alkohol yang termasuk Dangerous Goods?
Bila kandungan alkohol 24–70% dan setiap kemasan lebih dari 5 liter maka alkohol/minuman tersebut termasuk di dalam kategori Dangerous Goods (DGR).